Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripada bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmu lah hendaknya kamu berharap. (Surat Al Insyirah)

Wednesday, August 25, 2010

53. Sabar Sampai Kapan?




Kesabaran bukanlah sebuah sifat, tetapi sebuah keputusan karena pengertian yang baik. Sebetulnya tidak ada orang yang mempunyai sifat sabar. Kita semua dilahirkan dengan sikap dan sifat tergesa-gesa. Orang yang pengertiannya baik akan mudah untuk bersabar. Karena ketidaksabaran kita bisa merusak sesuatu.

Banyak orang yang bicara tentang kesabaran tanpa mengetahui definisi dari kesabaran. Kesabaran adalah pengertian yang dibutuhkan untuk bersikap baik, selama menunggu hasil dari upaya kita. Pengertian kita bahwa upaya itu membutuhkan waktu dari doa untuk dijawab, maka kita harus bersabar. Jadi mari kita bangun pengertian bahwa ada yang harus ditunggu, dan yang paling mudah berhasil selama menunggu adalah yang sibuk. Sibuklah selama menunggu supaya hasil yang didapat sesuai.

Kesabaran menjadikan sesuatu yang tadinya sulit menjadi mudah. Bersama setiap kesulitan akan datang kemudahan, tetapi sangat manusiawi jika kita memperhatikan kesulitan. Karena kita lebih mudah melihat kehidupan ini sulit daripada mudah. Sehingga orang yang ramah terhadap kehidupan melihat kehidupan ini seharusnya mudah, karena tidak ada niat Tuhan menyulitkan umatnya. Jadi setiap kali ada kesulitan, palingkan wajah dan bertanyalah apa yang mudah. Jadi kalau kita ikhlas melihat, Tuhan itu memberikan kesulitan supaya hidup kita mudah nantinya.

Tanda Masih Harus Bersabar
Tuhan memiliki rencana bagi setiap jiwa. Dan setan sangat bersemangat menggagalkan jiwa muda yang dilahirkan dengan rencana besar. Untuk itu setan meniupkan rasa malas dalam hati Anda, menjadikan Anda gemar menunda dan dengan pasti mengatakan tidak mungkin, lalu bersahabat dengan sesama pemalas.

Berapa banyak orang tua yang seharusnya menjadi orang besar tetapi memboroskan waktu mudanya dengan kemalasan, dan sekarang menyesal. Dan berapa banyak anak muda sedang meniru cara yang sama sekarang. Bagi yang muda, buruknya masalah yang menggangu Anda menunjukkan besarnya rencana Tuhan untuk Anda. Karena tidak mungkin setan mengganggu orang yang tidak direncanakan jadi orang besar.

Apa yang menandakan kita masih harus bersabar? Kita tidak boleh memaksakan sesuatu untuk segera terjadi karena proses yang panjang dan baik sedang berjalan sekarang. Kita sering menghujat marah tentang kehidupan, karena kita meminta yang seharusnya dicapai nanti dengan proses yang baik tapi diminta sekarang.

Cara untuk membalas atasan yang memperlakukan kita tidak baik adalah dengan bekerja sebaik dan sehebat mungkin, hingga kita sangat penting di perusahaan itu, sampai kita dimbil perusahaan lain yang lebih menghormati. Ketegasan kita dalam menghadapi kesulitan dalam hidup harus dibekali dengan kesabaran, pengertian baik mengenai dampak dari yang kita lakukan.


Keinginan Besar yang Dilakukan Kecil

Semua pengertian yang kita terima seyogianya harus segera ditransfer dalam bentuk tindakan. Orang yang pengertiannya menjadi tindakan, tidak harus lagi menghapal, sehingga pikirannya terbuka luas bagi pengertian-pengertian baru. Orang yang kurang bertindak, kapasitas pikirannya cepat habis. Orang yang banyak bertindak dan menjadikan pengertian sebagai perilaku kesehariannya,dia tidak lagi harus banyak berpikir. Orang yang menjadikan doa-doanya sebagai perilakunya, dia tidak lagi harus banyak berdoa. Karena kehidupannya adalah doa.

Sehingga kadang-kadang dia tidak lagi melafalkan doa secara formal tapi hanya dengan berharap, Tuhan langsung memberi. Tips untuk menjangkarkan pengertian kita kepada perilaku adalah temukan cara untuk membuat orang menyukai dirinya sendiri, maka Anda akan dicintai banyak orang, Anda akan dilibatkan dalam pergaulan-pergaulan baik. Jadi mulai sekarang lihatlah setiap orang sebagai target penggembiraan, gembirakan dia. Tanpa sadar kita akan membangun kekuatan di luar diri kita untuk membangun diri kita menjadi pribadi yang gembira.

Kalau Anda mengeluh tentang lambannya kehidupan, cek yang Anda kerjakan. Apakah keinginan Anda besar tapi yang Anda lakukan kecil. Kalau iya, maka Anda akan sulit bersabar. Perhatikan bagaimana orang lain menjadi seseorang yang besar. Ikhlaslah, rayakan kehebatan orang lain. Jangan dengki pada orang yang berhasil.

Bersabar Menanti Kelebihan
Salah satu cara untuk mengenali diri dan kemudian tumbuh adalah mengakui kehebatan orang lain. Dengan itu kita bisa ikhlas melihat diri sebagai pribadi yang harus belajar. Jadi mari kita sesuaikan, kalau yang kita inginkan besar, tertariklah pada orang-orang yang berhasil melakukan yang besar, lalu tiru. Sehingga kalau kita bersabar maka kita bersabar dalam perjalanan naik. Bukan bersabar menyesuaikan diri dengan kelemahan.

Jika bersabar, kita bersabar karena kekurangan atau bersabar menanti kelebihan? Harusnya bersabar menanti kelebihan. Jadi itu pemberitahuan bahwa kita harus menjadi pribadi yang lebih. Karena tidak mungkin Anda menjadi lebih tanpa diberikan sesuatu yang lebih, maka bersabar menjadi sesuatu yang logis.

Semua keberhasilan terbaik Anda datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar. Jika upaya Anda gagal padahal Anda sudah berdoa, Anda sudah meminta tolong pada orang lain, dan Anda sudah jujur bekerja keras dan patuh kepada Tuhan, dan mencoba lagi tetapi masih tetap gagal, apalagi yang bisa Anda andalkan selain kesabaran? Kita akan bersabar sampai kesabaran dibutuhkan, dan itu tidak ada batasnya.

Dan bersama kesulitan ada kemudahan. Jadi marilah kita membiasakan diri untuk mulai menerima kesulitan dengan damai, lalu menjernihkan pikiran untuk melihat kemudahan yang datang. Kapanpun kesulitan itu datang pada Anda, upayakan untuk mencari hal-hal yang sekarang menjadi mudah bagi Anda, lalu perhatikan apa yang terjadi.


Kesabaran adalah pengertian yang dibutuhkan untuk bersikap baik selama menunggu hasil dari upaya kita

Kesabaran menjadikan sesuatu yang tadinya sulit menjadi mudah

Buruknya masalah yang menggangu Anda, menunjukkan besarnya rencana Tuhan untuk Anda

Kalau Anda mengeluh tentang lambannya kehidupan, cek yang Anda kerjakan. Apakah keinginan Anda besar tapi yang Anda lakukan kecil

Semua keberhasilan terbaik Anda datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar

Bersama setiap kesulitan akan datang kemudahan

Sesungguhnya sabar itu tidak ada batasnya



*Mario Teguh Golden Ways dalam Tabloid Wanita Indonesia edisi 1079

No comments: