Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripada bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmu lah hendaknya kamu berharap. (Surat Al Insyirah)

Wednesday, January 26, 2011

72. Harga Sebuah Kejujuran

Jangan menukar kejujuran dengan harga murah. Karena kejujuran itu sederhana. Dan kejujuran merupakan bahasa paling mudah menilai seseorang.
Mengawali 2011, kejujuran menjadi topik hangat diperbincangkan. Karena dengan kejujuran memberi dampak luas dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Betapa pentingnya arti dari sebuah kejujuran. Karena dengan kejujuran itu umurnya panjang.
Orang jujur mudah ditolong. Karena hati orang jujur menyampaikan sinyal ke hati orang lain tanpa mengucap kata. Sesama hati akan saling berbicara dan memahami. Jangan kuatir untuk selalu menjadi orang jujur. Yakinilah kebaikan rencana Tuhan bagi Anda. Karena orang jujur, isi hati dan pemikirannya, mudah memperoleh pertolongan.

Tanggungjawab dengan Kejujuran
Seorang anak yang sering dipeluk ibunya akan tumbuh lebih sehat. Dekapan seorang ibu sambil membisikan kata-kata, membuat si anak lebih jujur dengan masa depannya.
Kejujuran membawa pada kehidupan yang lebih baik. Kita semua perlu belajar untuk lebih jujur dan terbuka. Katakanlah kejujuran meskipun hal tersebut pahit. Jika berbicara jujur itu, selalu sederhana. Sebab ia memiliki tanggungjawab dengan kejujurannya.
Kalau ada yang mengatakan,”Kalau boleh saya jujur,” maka sebenarnya dirinya tidak jujur. Kejujuran itu tidak membutuhkan bahasa penghias untuk mengungkapkan kejujurannya.
Hormatlah pada orang yang jujur apapun kekurangannya. Meski kejujuran hanya menyakitkan bagi mereka yang mengabaikannya. Dalam hal ini dibutuhkan keikhlasan untuk menerima arah kejujuran.
Apakah saat ini kita berada di lingkungan yang tidak menerima kejujuran, atau yang tidak memperbolehkan kita untuk jujur? Bila iya, segeralah ambil tindakan. Pilihan ada di tangan kita. Melangkah mendekati atau menjauhi kebaikan yang adalah buah dari kejujuran.

Kualitas Kujujuran Itu
Orang sukses adalah mereka yang memiliki kejujuran terhadap diri sendiri. Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah berpura-pura untuk terlihat baik di depan orang lain.

Bahwa kejujuran adalah kualitas yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain. Kualitas yang membedakan Anda selangkah lebih baik. Untuk itu, utamakan kejujuran dengan cara penyampaian baik dan menjunjung sikap sopan. Orang jujur harus pandai menyampaikan kejujurannya.
Tidak ada efek buruk dari kejujuran. Yang menjadikan buruk adalah cara menyampaikannya. Periksa kembali cara kita menyampaikan. Namun jangan kurangi kejujurannya.
Ternyata kejujuran itu indah sekali. Kejujuran tidak pernah buruk. Cara menyampaikan kejujuran tersebut harus dengan sederhana namun cerdas. Sehingga dampak kejujuran terasa manfaatnya.
Kepemimpinan bisa dilihat dari kejujurannya. Karena kejujuran adalah pembentuk dari apapun. Termasuk membentuk si pemimpin itu sendiri. Pemimpin harus memulai nilai-nilai kejujurannya. Sehingga, ia akan berlaku adil kepada siapapun.
Sekecil apapun kebohongan, terlalu berat risiko yang bakal dihadapi. Ia akan tetap jatuh dan tidak kuat menutupi kebohongannya. Dari bohong kecil akan ke bohong yang lebih besar. Kebohongan pertama untuk melakukan kebohongan hal yg kedua dan seterusnya. Jika Anda ingin kehidupan berlaku jujur kepada Anda, maka berlakulah jujur kepada kehidupan.

Segera Jujur
Ada hal yang membedakan benar dan baik. Kalau benar maka tidak bertentangan dengan ketetapan Tuhan. Sedangkan baik hanya berupa interprestasi kita dan rasa hormat pada orang lain. Lalu, bagaimana memperoleh kejujuran ?
Jawabannya, tegaslah dengan semua yang menghentikan kita untuk tidak jujur. Sebab kejujuran harus dimulai saat ini juga.
Orang dikenal bukan dari apa yang mengawalinya. Namun dari yang diselesaikannya. Segeralah berbuat jujur dan lihatlah apa yang terjadi.
Jangan menukar kejujuran dengan harga murah. Apalagi menukar dengan pemberian Tuhan pada kita. Karena tidak sebanding dengan pemberian Tuhan yang terlalu besar dengan ukuran pembanding untuk sesama manusia.
Untuk menjadi pribadi jujur, diperlukan pendidikan bagus. Ada yang berpendidikan tapi tidak jujur ? Maka orang itu, belum mengenal dirinya sendiri. Mereka yang tidak jujur harus melihat lagi apakah dia yakin dengan jalan yang dipilih.
Jalan ke neraka licin dibanding ke Surga. Makanya orang suka jalan seperti itu. Bila dibingungkan oleh contoh atau kenyataan yang tidak baik, kembalilah ke hal yang utama, yaitu kejujuran. Karena kejujuran adalah akibat dari keimanan dari kepercayaan.
Kebahagiaan adalah kegembiraan dalam rasa damai yang penuh kesyukuran. Anda mengurangi salah satunya hanya akan membuat Anda tidak bahagia. Hanya orang baik dan jujur yang bisa berbahagia. Orang baik yang miskin adalah orang kaya yang uangnya sedikit. Sedangkan orang kaya yang tidak jujur, adalah orang miskin yang uangnya banyak.

Eyecatcher :
• Orang sukses adalah mereka yang memiliki kejujuran terhadap diri sendiri, tidak pernah berpura-pura untuk terlihat baik di depan orang lain.

• Utamakan kejujuran dengan cara penyampaian baik dan menjunjung sikap sopan. Orang jujur harus pandai menyampaikan kejujurannya.

• Orang dikenal bukan dari apa yang mengawalinya namun dari yang diselesaikannya. Segeralah berbuat jujur dan lihatlah apa yang terjadi.

• Kebohongan pertama untuk melakukan kebohongan hal yang kedua dan seterusnya. Jika Anda ingin kehidupan berlaku jujur kepada Anda, maka berlakulah jujur kepada kehidupan.



Dalam Tabloid Wanita Indonesia Edisi 1097 (Januari 2011)

No comments: